MBINKHEAD On Thursday, December 12, 2019


mbinkhead artwork



    Sesuatu mutlak apa yang akan habis dalam durasi satu tahun, hal ini lah yang sebenarnya disebut... dengan kalender.

     Tidak ada cerita yang mendalam untuk memaknai karya ilustrasi yang saya ciptakan untuk Semburat #5 dalam konsep gig mandiri tahunan ini. Hanya sepenggal luapan emosi dalam sebuah visualisasi penuh warna cerah namun lebih condong kepada sifat warna yang suram, sebuah gambaran singkat tentang aksi panggung dari penampilan secara langsung dari para pelaku musik dari genre apapun ketika mereka diatas panggung, emosional. Menggunakan gitar sebagai simbol semata tentang sebuah aktifitas bermusik, dengan mencoba sedikit menyampaikan "Dentum Distorsi Akhir Tahun" kedalam sebuah ilustrasi padat, masih menggunakan komposisi dari bentuk dasar melingkar ini menjurus pada perpuraran lingkaran roda kehidupan yang akan terus berputar dan memasabodohkan posisi roda atas ataupun bawah karena musik adalah hidup untuk terus memainkan musik dan mendentum dengan distorsi pada ahkir tahun ini sebelum semua akan mutlak habis pada durasinya dan berputar kembali pada tahun baru lagi berikutnya, dan terus berputar konsisten pada porosnya.

mbinkhead artwork


( copas dari : https://www.facebook.com/notes/sursum-omnia/semburat-5-dentum-distorsi-akhir-tahun/3302481706490309/ )

Semburat #5 “Dentum Distorsi Akhir Tahun”

Mungkin ada yang belum tau tentang gig semburat? Baiklah tahun ini kembali hadir hampir di penghujung tahun 2019 semburat #5 “Dentum Distorsi Akhir Tahun”. Masih dengan konsep yang sedari awal dibangun, gig & kompilasi, yang berisi nama-nama baru lintas tongkrongan yang dirangkul menjadi satu di saluran yang fun! Bukan tanpa alasan pemilihan judul di atas yang memang semburat lebih nyaman digelar setahun sekali dan hampir dipenghujung tahun sambil menunggu nama-nama baru bermunculan keluar dan berhamburan.

Jadilah tangkapan kami selama hampir setahun itu adalah Confusion Bitch (Grunge/alternative), Flesh (Thrash Black), Gypsy Haze (Blues Psychedelic), Interadd (D-Beat Crust), & Marka (Death Rock / Post Punk). Lima band memang terlihat sedikit disamping karena menyesuaikan venue yang kecil, justru dengan sedikit enak memanage waktu dan masing-masing band dengan sound yang beragam bisa maksimal secara live habis-habisan didurasi waktu yang lumayan tanpa jaim band mereka. Dan mencoba menjawab pertanyaan, siapa bilang beda genre tidak bisa seacara? dan beruntungnya mereka sudah saling kenal dan berkawan.

Kembali ke konsep donasi, pada dasarnya semburat acara yang gratis karena menurut kami gig kecil cocok free tiket, tapi kalau kalian yang hadir nanti ingin mendukung dengan berapapun donasi sangat terbuka lebar dan feedbacknya kalian bisa pilih salah satu, fanzine atau sticker acara. Fanzine sendiri seperti biasa selain berisi profile singkat dari band pengisi gig & kompilasi juga memuat tulisan-tulisan yang fresh, gig review, album review dan info seputaran lokal Malang yang ditulis dari kontributor-kontributor pilihan. Karena kami sadar kaset kompilasi nanti hanya diproduksi dalam jumlah sedikit dan untuk melengkapinya agar terdistribusi secara luas maka semburat #5 kita live record yang nantinya akan dirilis setelah acara tentu versi yang berbeda dengan di kaset.
Kaset kompilasi oleh Frekuensi Records yang memang diproduksi sedikit dan tidak akan di produksi ulang, karena memang diproduksi untuk kebutuhan acara yang merekam material baru dari kelima band yang ada di Semburat #5, jadi beruntunglah yang mendapatkannya nanti.

Tahun lalu merupakan tahun yang mengejutkan bagi kami dimana venue favorit kami Houtenhand mengabarkan sudah tidak beroperasional, semburat 1-4 digelar disana dan begitu banyak kenangan membekas. Bersyukur kami tidak dibuat mikir terlalu lama untuk venue, ada semeru art gallery mengambil peran houtenhand sebagai venue musik alternatif disamping tempatnya yang tidak berjauhan. Kami memang sudah mengincar lantai satunya yang sering dibuat pameran seni rupa, ini bakal jadi pengalaman yang seru, gig didalam gallery!

Artworker Mbinkhead kami pilih juga karena aktifitas doi yang selama ini sangat konsisten di bidangnya sebagai ilustrator, juga mengembangkan toys custom dari bahan bekas, dan yang terpenting juga doi terlibat dalam Nugatoria di posisi Gitar band d-beat raw n roll yang kami sampai dengan saat ini menunggu kabar mereka untuk kembali aktif. Hasilnya bisa kalian lihat sendiri di gig poster semburat #5, hanya Mbinkhead yang tau cerita tentang ilustrasi dibaliknya, dan kami menyukai rasanya!

Sablon ecer oleh sam ass masih kami percayakan ditangan beliau, bisa kalian bawa masing-masing kaos hitam saat acara, cukup ongkos sablon untuk mendapatkannya, bukankah untuk mendapatkan merch acara tidak harus dengan harga yang mahal?
Baiklah sepertinya cukup, simpan semua energi kalian jangan sampai ngedrop dan mari jadikan kembali esensi gig tempat dimana demo tape diedarkan, begitu juga dengan fanzine-fanzine dan segala aktifitas yang menyenangkan! Sampai jumpa di lantai satu semeru art gallery!

mbinkhead artwork


mbinkhead artwork

mbinkhead artwork